Home » , » Kiamat Internet 9 Juli 2012

Kiamat Internet 9 Juli 2012

Kiamat Internet 9 Juli 2012 merupakan kabar yang lagi heboh dan geger di berbagai media dimana sejumlah pengguna internet cemas dan resah terkait karen pada tanggal tersebut jaringan internet di seluruh dunia akan mati dan tidak bisa di akses lagi.
Kiamat Internet 9 Juli 2012 ini terjadi bermula dari serangan malware yang disebut DNSCharger, sebuah program jahat yang mampu memanipulasi Domain Name System (DNS) di komputer yang telah menjangkitinya. Bahayanya lagi pada November 2011 silam virus ini diketahui telah menjangkit ratusan ribu komputer di seluruh dunia.

Nah saat ini untuk memberantas virus tersebut, FBI berencana untuk mematikan sejumlah server yang digunakan untuk memanipulasi DNS palsu di komputer korban. Sebelumnya aksi sapu bersih ini akan dilaksanakan pada 8 Maret 2012, namun demi meminimalisir dampak yang ditimbulkan, eksekusi diundur hingga 9 Juli 2012. Meski begitu, pengguna pengguna tak perlu panik, sebab sejak para pembuat DNSchanger ditangkap jumlah korban yang terjangkit program jahat kian menyusut drastis. Dan langkah-lankah berikut ini bisa digunakan untuk mendeteksi apakah DNSChanger menjangkit komputer Anda.

untuk mengetahui apakah komputer A. Yakni menggunakan situs khusus yang dibuat oleh kelompok kerja DNS Changer. Caranya?

Buka web browser (misalnya Internet Explorer, Firefox, Chrome, atau Safari) kemudian akses salah satu situs di bawah ini.

http://dns-ok.us
http://dns-ok.de
http://dns-ok.ax/index_en.html
http://dns-ok.fi/index_en.html

Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Namun bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal.

Lalu bagaimana jika hasilnya adalah 'positif'? Komputer atau router yang terjangkit DNSChanger bisa disembuhkan dengan beberapa cara berikut ini:

Komputer
1. Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.

2. Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan database software security.

Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi antivirus yang paling update, baik versi gratisan ataupun berbayar.

3. Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.

Broadband Router
Disarankan untuk mengikuti dokumentasi yang disediakan oleh vendor untuk mereset settingan DNS server dan mengubah password default admin.

Nah itulah artikel saya mengenai kiamat internet 9 juli 2012, anda tidak perlu panik dan resah, dan apabila komputer anda terjangkit DNSChanger atau tidak, bisa anda lakukan seperti yang saya tulis di atas, Selamat mencoba!
Share this article :

13 comments:

rzj said...

bhaya nih kalau beneran..!!

berita terkini said...

@ribatul.
emang sudah ada beneran kog ,. ^_^

Abiy TigaEmpateNam said...

Sampe' Tanggal brpa kiamat internatx

Cantia Tarizka said...

Green! :D

Almugni said...

Apa benar atau tidak sih kiamat internet ini? kok beritanya tiba2 aja...

Hadi said...

hoax doang katanya

Amws said...

Hari ini gimana traffic internet dunia yah..?
Deteksi dan mengatasi Virus DNSChanger

Devian Patel Ringer said...

Ini bukan hoax.. udah beneran ada yang kena virus DNSchanger

Unknown said...

selamat punya ane hijau gan :D

Virusvanzalien said...

cara ngecek DNS gmna nich gan untuk mngetahui terjangkit virus atau tidaknya.....

Anonymous said...

makasih tipsnya, koneksiku sepertinya aman.

Hafidz Irshaddin said...

green :D

Unknown said...

wah ini beneran.. leptop ane nda bisa konek gara2 malware .. krypt 10 kl ndak slh.. T____T

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Hanya Berbagi - All Rights Reserved
Gemscool