Home » » Contoh Cara Membuat Naskah Surat

Contoh Cara Membuat Naskah Surat

Sebelum saya memberikan Contoh Surat dan Contoh Naskah Surat ada baiknya saya memberikan informasi tentang pengertian surat. Surat merupakan alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas selembar kertas yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Agar komunikasi berfungsi secara efektif, maka terdapat hal-hal yang harus kita perhatikan oleh penulisnya.

Surat dapat dibuat dengan tulisan tangan atau mesin ketik namun dengan mengetik menggunakan komputer akan lebih enak dan lebih praktis dan rapi serta memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis.

Adapun jenis surat memang bermacam-macam ragamnya mulai dari surat pribadi, surat pernyataan, surat perjanjian, surat kerjasama, surat penawaran, surat jual beli, suart permohonan dan masih banyak lagi.

Berikut ini contoh surat atau naskah surat buat anda :

1. Surat Pernyataan
SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MEMBAYAR GANTI RUGI

Sehubungan dengan persyaratan yang ditetapkan dan diwajibkan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : …………………………………………………………….
Jenis Kelamin : …………………………………………………………….
Umur : …………………………………………………………….
Pendidikan Terakhir : …………………………………………………………….
Alamat : …………………………………………………………….

Dengan ini saya bersedia membayar ganti rugi sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) apabila dikemudian hari saya mengundurkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Pekerjaan Umum. Apabila dikemudian hari ternyata saya ingkar terhadap surat pernyataan yang saya buat ini, maka saya bersedia dituntut secara hukum di Pengadilan.

Demikan surat pernyataan kesanggupan ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

………………, ……………………….. 2005

Hormat saya,

Meterai

Rp. 6.000,-


( TTD )

2. Contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :
Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri;
4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
5. Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik;
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pemyataan saya tidak benar.

(TTD)

3. Surat Keterangan
SURAT KETERANGAN
No……………………………….
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : …………………………………………………
NIP : ………………………
Jabatan Kepala SMU/SMK/MA :……………………. …………………

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama Siswa : …………………………………………………
NIS : …………………
RANGKING KELAS : …………………

Selama menjadi siswa di sekolah yang saya pimpin yang bersangkutan selalu berkelakuan baik serta berdedikasi tinggi dibidang Akademik maupun kegiatan Ekstrakurikuler lainnya.
Selanjutnya pada raport semester Ganjil pada tahun pelajaran 2006/2007 yang bersangkutan adalah Rangking ke-…..dari …..siswa di kelas…….
Demikian surat keterangan ini di buat untuk digunakan semestinya.

(TTD)

4. Surat Pernyataan
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : ……………………………………………………..
NIS : ………………………
Nama Orang Tua : ………………………
Alamat Rumah : ……………………………………………………..
Siswa SMU/SMK/MA : ……………………………………………………..

Dengan ini menyatakan, bahwa saya akan bersungguh-sungguh menjalani studi di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta apabila kelak saya memperoleh beasiswa melalui Program Penjaringan Bibit Unggul Sekolah (PPBUS) 2007 dan saya bersedia mematuhi segala peraturan dan tata tertib yang berlaku di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta.
Demikian surat pernyataan ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Yang menyatakan

(TTD)

5. Surat Persetujuan
SURAT PERSETUJUAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : ……………………………….
Pekerjaan : ……………………………….
Orang Tua/Wali dari : ……………………………….
Alamat Kantor : …………………………………………………………………
Alamat Rumah : …………………………………………………………………
No.Telp / HP : ………………………………..
Dengan ini memberikan persetujuan serta tidak berkeberatan putra/i saya di atas untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta melalui Program Penjaringan Bibit Unggul Sekolah (PPBUS) 2007. Selanjutnya saya akan berusaha semaksimal mungkin membiayai putra/i saya tersebut hingga menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta.
Yang menyatakan

TTD

Itulah contoh surat atao contoh naskah surat buat anda yang saya ambil dari berbagai teman di blog. Semoga bermanfaat untuk anda dan jika kurang bagus dan baik mohon maaf ya...



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Hanya Berbagi - All Rights Reserved
Gemscool