Home » » Cara Membuat Tahu Yang Enak Dan Gurih

Cara Membuat Tahu Yang Enak Dan Gurih

Tahu merupakan favorit makanan indonesia sbagai makanan lauk pauk sehari-hari. Saat ini tahu banyak di jual dan di jumpai di pasar-pasar karena tahu cara pembuatannya sangat mudah dan harganya pun juga murah. Berikut ini saya akan memposting Cara Membuat Tahu yang enak dan gurih serta sehat untuk anda sekalian jika ingin membuat tahu sendiri, jika berhasil bisa juga untuk kerjaan sampingan.
Berikut ini Cara Membuat Tahu untuk anda :
Bahan :
Kacang kedelai (sesuai kebutuhan saja) biasanya aku pakai 3 kg (utk keluarga kecil)
Vinegar (cuka) warna putih
Kain Belacu (kain bekas karung tepung)

Cara membuat :
Bersihkan kedelai, buang yg sudah layu/kisut atau tdk bagus lagi, kalau bisa pilihlah yg bijinya besar.
Cuci bersih kedelai lalu rendam dalam air banyak (sampai kedelai tenggelam) selama kurleb 6 jam.

Setelah itu cuci kedelai terus menerus selama kurleb setengah jam. Lalu bagi-bagi kedelai (sesuai dgn kapasitas blender or juicer) dan letakkan didalam wadah bamboo atau plastic. Kedelai digiling sampai halus (disini aku menggunakan blender biasa) tapi kalau ada juicer lbh baik lagi kedelai digiling halus dan air ditampung. Kalau memakai blender biasa, setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas.

Ampas kedelai langsung direbus selama 15-20 menit dalam wajan yg cukup besar. Jgn terlalu lama membiarkan ampas tahu, begitu penggilingan selesai segera rebus ampas tahu untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus (tdk keras).

Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dr clay atau plastic dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan). Atau boleh juga kain belacu tsb di-paste-kan kedalam saringan bamboo. Aduk2/goyang2 adonan terus menerus hingga sari kedelai jatuh kebawah dan adonan tadi cukup kering. Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai.

Air saringan yg tertampung (biasanya warna kuning atau putih) lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata (asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa atau sulfat kapur). Air asam dipisahkan dari gumpalan2. Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30x20 cm2 dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama bbrp saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis. Bila adonan itu sudah padat (yg disebut tahu), sudah dpt dipotong2 dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.

Atau di bawah ini cara membuat tahu yang saya ambil dari http://evimeinar.multiply.com/recipes/item/24 :
Bahan-bahan:
5 kg kedelai
1 gram batu tahu (Kalsium Sulfat atau CaSO4) atau 3 ml asam cuka
air secukupnya

Alat-alat yang dibutuhkan
Ember besar
Tampah (nyiru)
Kain Saring atau kain blancu
Kain pengaduk
Cetakan
Keranjang
Rak bambu
Tungku atau kompor
Alat penghancur (alu)

Petunjuk
1. Pilih kedelai yang bersih, kemudian dicuci;
2. Rendam dalam air bersih selama 8 jam (paling sedikit 3 liter air untuk 1 kg kedelai). Kedelai akan mengembang jika direndam;
3. Cuci berkali-kali kedelai yang telah direndam. Apabila kurang bersih maka tahu yang dihasilkan akan cepat menjadi asam;
4. Tumbuk kedelai dan tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga berbentuk bubur;
5. Masak bubur tersebut, jangan sampai mengental pada suhu 70 ~ 80C (ditandai dengan adanya gelembung-gelembung kecil);
6. Saring bubur kedelai dan endapkan airnya dengan menggunakan batu tahu sebanyak 1 gram atau 3 ml asam cuka untuk 1 liter sari kedelai, sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.
7. Cetak dan pres endapan tersebut.
CARI DISINI CONTOH SOAL UKG LENGKAP, INFO UKG, LOWONGAN CPNS 2012, SOAL CPNS 2012,HARGA HP, MP3, SOFTWARE,VIDEO, FOTO, VIDEO 3GP, BERITA, GAMES DI KOLOM PENCARIAN DI BAWAH INI....
Lijit Search
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Hanya Berbagi - All Rights Reserved
Gemscool